Mengenai Saya

Foto saya
Marine Science Padjadjran University 2009

Kamis, 05 April 2012

Hasil Diskusi Seminar Nasional 2012 "Strategi Membangun Negara Maritim"

Kondisi Seminar di Auditorium Bale Santika UNPAD Jatinangor (Dok.HIMITEKINDO)

[UNPAD Jatinangor, 20/03/2012] Terselenggaranya acara Seminar Nasional ini bekerja sama dengan Indonesia Maritime Institute dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia yang sekarang sekjen nya dari Unpad yaitu Ajeng Ayu Eviolita (Mahasiswa FPIK UNPAD). Diselenggarakan di Kampus Unpad Jatinangor. Sekretaritan Lembaga Keprofesian Mahasiswa Ilmu Kelautan (LK-MAHAIKA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauan Unpad bertempatan di Auditorium Bale Santika UNPAD Jatinangor dari pukul 09.00 s.d 16.00 WIB.

Dihadiri oleh beberapa pembicara dari instansi-instansi terkait yaitu diantaranya Ir. M. Eko Rudianto M. Bus IT (Perwakilan Dirjen KP3K-KKP),  Prof. Dr. Dietriec G. Bengen, DEA (Guru Besar IPB), Dr. Connie Rahakundini Bakrie, M.Si (Dosen UI dan Pembina IMI), Jaleswari Pramodhawardani (Peneliti LIPI), dan Dr. Iwang Gumilar, M. Si (Kepala Lab.Manajemen Bisnis dan Ekonomi FPIK UNPAD).

Acara Seminar Nasional ini diketuai oleh Asep Irwan (Mahasiswa FPIK UNPAD) dengan tujuan agar memberikan pemahaman akan potensi kelautan Indonesia dan mengetahui peran kelautan dalam bidang ekonomi untuk mencapai strategi untuk membangun Negara maritim. Alhamdullah peserta yang dating pada acara seminar ini sekitar 450 orang peserta dari berbagai pihak khususnya mahasiswa.

“Pembangunan negara kita masih dalam land-base orientation yang seharusnya sekarang kita mulai melirik untuk menuju maritime orientation”, Direktur IMI (Dr. Y. Paonganan, S.Si. M.Si)

“Maritim/Laut adalah masa depan Negara kita. Di daratan sudah banyak konflik berupa kepemilikan tanah. Maka saatnya kita menuju Negara maritime”, Kata Ibu Dekan FPIK UNPAD (Dr. Ayi Yustiati, M.Sc.)
“Pentingnya memperkuat pertahanan untuk membangun suatu Negara maritim agar tidak kecolongan oleh pihak asing”, Dr. Connie Rahakundini Bakrie, M.Si

“Pemanfaatan sumber daya laut yang belum maksimal akibat adanya pengaruh alam. Seperti penurunan produksi garam pada tahun 2008 akibat curah hujan yang tinggi sehingga memaksa kita secara tidak langsung untuk impor garam dari luar”, Ir. M. Eko Rudianto M. Bus IT.

“Jika kita memanfaatan sumber daya laut dengan baik dan benar maka kita dapat menghasilkan 4 kali lipat dari total APBN per tahunnya”, Prof. Dr. Dietriec G. Bengen, DEA.

“Sumber daya alam laut kita masih banyak sekali yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian bangsa baik dari sumber daya hayati (Perikanan) maupun sumber daya non hayati (Gas dan Minyak Bumi)”, Dr. Iwang Gumilar, M. Si.

Ibu Jaleswari menjelaskan tentang Maritim Domain Awareness di Indonesia yang meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia yang belum semuanya menyadari pentingnya akan pemanfaatan kelautan di Indonesia.
Panitia Seminar Nasional (BPH HIMITEKINDO & LK MAHAIKA)
 Sumber Dok HIMITEKINDO
Sehingga dengan adanya seminar nasional ini akan menjadi suatu virus yang akan menyebar ke pelosok Indonesia akan sadarnya terhadap pembangunan Negara maritime dengan melihat potensi sumber daya alam laut Indonesia.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    BalasHapus