Mengenai Saya

Foto saya
Marine Science Padjadjran University 2009

Sabtu, 07 April 2012

Coral Garden

Taman Terumbu Karang (Coral Garden) Sebagai Peningkatan Potensi 
Bahari Laut Indonesia

Asep Irwan1(230210090056)
Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Padjadjaran

RINGKASAN

  Pembuatan taman terumbu karang (coral garden) merupakan salah satu kegiatan penanaman karang sebagai kawasan konservasi di wilayah tanjung kelayang, Belitung. Tanjung Kelayang merupakan daerah kepulauan yang mempunyai alam dan lingkungan kebaharian, masyarakat yang masih menganut nilai-nilai tradisi kebaharian, seperti upacara laut yang masih dijalankan hingga kini, serta untuk menyambut Babel Archipelago. Penanaman taman terumbu karang (coral garden) mempunyai maksud mengembalikan lagi semangat kebahariaan, terutama generasi muda, agar mulai melihat kembali potensi kebaharian yang dimiliki oleh negara ini. 
  Sebagai kawasan yang dijadikan daerah konservasi, pembuatan taman terumbu karang (coral garden) ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk berbuat sesuatu untuk laut Indonesia, khususnya terumbu karang sebagai mata rantai terpenting kehidupan laut. Bukan hanya itu kegiatan ini memerlukan cukup waktu yang lama dan biaya yang cukup untuk mencapai titik keberhasilan adanya taman terumbu karang (coral garden).
Untuk mencapai titik keberhasilan taman terumbu karang (coral garden ini, saya menggagas suatu solusi. Pertama, perlunya kegiatan-kegiatan pembuatan taman terumbu karang (coral garden) secara rutin di berbagai pelosok laut Indonesia yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kegiatannya meliputi transplantasi terumbu karang, pelestarian lingkungan laut, serta pemantauan kawasan konservasi laut Indonesia. Kedua, dilakukannya penyuluhan-penyuluhan tentang konservasi laut khususnya terumbu karang kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena terumbu karang memiliki nilai kebaharian yang sangat tinggi serta memberikan perlindungan bagi banyak hewan-hewan yang ada dalam habitatnya.
Maka, dengan adanya gagasan baru diatas diharapkan dapat menjadikan pembuatan taman terumbu karang (coral garden) benar-benar menghasilkan taman terumbu karang yang berkualitas serta dapat menjadi aset Negara Indonesia sebagai Negara maritim yang kaya akan kekayaan alamnya yang dapat bersaing secara Internasional dalam wisata bahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar