Mengenai Saya

Foto Saya
Marine Science Padjadjran University 2009

Sabtu, 19 Maret 2011

Definisi Suara Secara Umum

Suara
Suara adalah gelombang energi (getaran) yang merambat melalui media kenyal sampai pada ke telinga dan menggetarkan gendang telinga sehingga terjadi proses pendengaran.

Tiga Unsur dari Suara

·         Nyaringnya suara

·         Tingginya suara

·         Nada suara

Sebagai ukuran fisik dari "kenyaringan", ada amplitude dan tingkat tekanan suara. Untuk "tingginya" suara adalah frekwensi. Tentang nada, ada sejumlah besar ukuran fisik, kecenderungan jaman sekarang adalah menggabungkan segala yang merupakan sifat dari suara, termasuk tingginya, nyaringnya dan distribusi spektral sebagai "nada".

Suara memiliki amplitudo dan juga frekuensi. 

·         Frekuensi suara yang menentukan keras/lemahnya suara dinyatakan dalam cycle per detik (C/dt)       atau Hertz (Hz). Dan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia merentang antara 20 sampai 20.000 Hz. Kurang dari 20 C/dt suara itu akan lemah sekali dan akan dirasakan hanya sebagai getaran saja (infra-suara), mungkin bisa didengar oleh telinga binatang. Frekuensi di atasa 20.000 Hz (melebihi sound barrier) termasuk sebagai ultra-suara dan dipergunakan untuk bidang pengobatan. Hubungan antara kecepatan suara c (m/s), gelombang dan frekwensi f dinyatakan sebagai berikut: 

c = f . l
 
·       Amplitudo menentukan kuat dan lemahnya tekanan suara (sound pressure). Makin besar amplitudo dari gelombang suara, semakin kuat pula tekanan suaranya. Satuan ukuran bagi tekanan suara  ialah Bel (B), tetapi ukuran tersebut sebenarnya terlalu besar untuk dipergunakan pada kejadian yang bisa, karena itu satuan Desibel (dB) lebih lazim digunakan (1 desibel = 1 dB = 0,1 B). Satu dB merupakan besarnya tekanan suara di tingkat ambang pendengaran pada frekuensi 1000 Hz, yaitu tekanan minimal yang masih dapat didengar sebagai bisikan lembut (ambang pendengaran = hearing threshold).

Cepat rambat Suara pada medium tertentu.

Medium perambatan suara                         Cepat rambat suara (m/s)

Udara (0oC)                                                           331
Udara (100oC)                                                      386
Air (25oC)                                                             1490
Air laut (25oC)                                                     1530
Aluminium                                                           5100
Tembaga                                                               3560
Besi                                                                        5130
Timah                                                                    1320

Di mana partikel-partikel suara itu padat ?
Tekanan udara bertambah, di mana partikel-partikel jarang, tekanan berkurang. Gejala yang disebarkan oleh perubahan tekanan ini disebut sebagai gelombang suara. Suatu gelombang suara memancar dengan kecepatan suara dengan gerakan seperti gelombang.
Panjang gelombang dari suara yang dapat didengar adalah beberapa sentimeter dan sekitar 20 m. Kebanyakan dari obyek di lingkungan sekitar kita, mutu suara yang dipengaruhi oleh kasarnya permukaan-permukaan yang memantulkan suara, tingginya pagar-pagar dan faktor-faktor lainnya, akan berbeda sebagai perbandingan dari panjang gelombang terhadap dimensi obyek, karena itu masalahnya menjadi lebih rumit. Sehingga cepat rambat suara akan semakin lambat.

                                                                     Gb. 1 Garis bentuk Kenyaringan Suara                                                          
                                                                     Gb. 2 Pengaruh Luar Terhadap Suara

            Pemantulan Suara
Pemantulan Suara merupakan perulangan suara yang terdengar hampir bersamaan dengan suara dari sumber suara, akibat suara dari sumber suara ini terpantul berulang-ulang pada suatu ruangan. Maka terjadi gelombang suara yang dipantulkan oleh permukaan yang keras. Pemantulan semacam ini dinamakan Gaung.
Perulangan suara yang terdengar setelah suara ditimbulkan karena suara yang dipantulkan oleh suatu permukaan dinamakan Gema. Cepat atau lamanya kita mendengar gema bergantung pada seberapa jaur jarak kita dengan permukaan pemantul bunyi itu.

Akibat-akibat dari Kebisingan Suara 
Apabila suatu suara mengganggu orang yang sedang membaca atau mendengarkan musik, maka suara itu adalah kebisingan bagi orang itu meskipun orang-orang lain mungkin tidak terganggu oleh suara tersebut. Meskipun pengaruh suara banyak kaitannya dengan faktor-faktor psikologis dan emosional, ada kasus-kasus di mana akibat-akibat serius seperti kehilangan pendengaran terjadi karena tingginya tingkat kenyaringan suara pada tingkat tekanan suara berbobot A atau karena lamanya telinga terpasang terhadap kebisingan tsb.
Gejala-gejala Akibat Kebisingan Suara
·    Kehilangan pendengaran, perubahan ambang batas sementara akibat kebisingan, perubahan ambang batas permanen akibat kebisingan.
·         Rasa tidak nyaman atau stres meningkat, tekanan darah meningkat, sakit kepala, bunyi dering.
·         Kejengkelan, kebingungan.
·         Gangguan tidur atau istirahat, hilang konsentrasi waktu bekerja, membaca dsb.
·         Merintangi kemampuan mendengarkann TV, radio, percakapan, telpon dsb.
Karakteristik Suara Secara Umum :
·         Di alam udara, gelombang bunyi itu bergerak dengan kecepatan 760 mil per jam.
·         Kecepatan rambatan melalui air akan empat kali lebih cepat daripada melalui udara. Kecepatan suara di laut berkisar antara 1.400 – 1.550 m/det, kecepatan rata-ratanya  1.500 m/det.
·         Di dalam hampa, gelombang bunyi tidak dapat bergerak karena tidak ada media kenyalnya.
Aplikasi Kajian Perambatan Suara di laut
·         Komunikasi
·         Pemeruman (Penentuan Kedalaman Laut)
·         Deteksi dan Identifikasi Objek di dasar dan dalam laut
·         Operasi Kapal Selam

Distribusi Kecepatan Suara terhadap Kedalaman di laut

Keterangan :
·   Zona 1 : Di lapisan homogen (mixed layer) walaupun suhunya konstan, kecepatan suara bertambah terhadap               kedalaman karena pengaruh pertambahan tekanan.
·       Zona 2   : Di lapisan thermocline penurunan suhu yang     cepat lebih mendominasi pertambahan tekanan sehingga    kecepatan suara berkurang terhadap kedalaman
·          Zona 3    : Di lapisan dalam (deep layer) efek penambahan tekanan kembali mendominasi penurunan suhu sehingga kecepatan suara bertambah terhadap kedalaman.
Di bawah lapisan thermocline, terdapat lapisan di mana C adalah minimum, lapisan C minimum ini terbentuk karena di lapisan thermocline terjadi pengurangan C, sementara di bawah lapisan thermocline terjadi penambahan C. 

Daftar Pustaka

- Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum 2006 KTSP: Mata Pelajaran untuk Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
-  Agus Supangat, Susanna (Pengantar Oseanografi)
-  http://www.menlh.go.id/apec_vc/osaka/eastjava/noise_id/1/page1.html


By Asep Irwan (230210090056)
Marine Science 2009
Padjadjaran University

22 komentar:

  1. kenapa suara di air dipengaruhinya sama kedalaman dan suhu ? sedangkan kalo di udara gitu juga ga ? makasih asep

    BalasHapus
  2. nice entri!
    mw nanya nih,faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi cepat rambatnya suara? lalu mengapa besi merupakan medium perambatan suara tercepat?
    berikan alasan
    terima kasih infonya!

    BalasHapus
  3. tulisan yang menarik!

    saya ingin menanyakan apakah ada penanggulangan dan pencegahan dari akibat-akibat kebisingan suara tersebut? seperti apa?

    makasih :)

    BalasHapus
  4. berapakah kecepatan rata-rata di dalam air laut?apakah berbeda dengan kecepatan rata" pada air tawar?

    BalasHapus
  5. thx infonya bro asep, saya jadi paham tentang definisi suara

    BalasHapus
  6. nice info gan \(^_^)/
    oiya klo hewan laut komunikasi pake suara gmana ya gan mhon penjelasannya???

    BalasHapus
  7. adel:@ karena cepat rambat suara di dalam air sangat cepat dibandingkan di ruang hampa atau udara, bisa kita lihat penjelasan di atas perbandingan hampir 7:3. Semakin tekanan tinggi maka cepat rambat suara makin cepat begitu pula terhadap suhu...

    BalasHapus
  8. mechagamma71:@faktor"yang mmpengaruhi cepat rambat suara...kedalaman,suhu,salinitas,densitas(kerapatan),dan kompressibilitas. Mengapa besi merupakan medium tercepat? karena bila suara di getarkan pada benda (besi) yang sifatnya itu solid maka partikel"yg ada dlm benda tsb akan menghantarkan aliran cepat rambat suara lebih cepat...

    BalasHapus
  9. ikhsanfaturohman:@penanggulangan serta pencegahan dari kebisingan suara bisa diatasi dengan hal"sebagai berikut:
    1. usahakan tidak mendengarkan mp3 dng loud yg keras.
    2. hindari radiasi hp atau lainnya, contohnya tidak menelpon tanpa headset lebih baik dengan loudspeaker untuk menghndari kontak langsung dengn telinga kita.
    3. sering"membersihkan telinga agar pendengaran tidak terganggu.
    4. pola hidup sehat

    gud luck!!!

    BalasHapus
  10. kuro:@iy,berbeda...median perambatan suara pada air laut cepat rambatnya 1530 m/s, sedangkan pada air tawar cepat rambatnya 1490 m/s.

    BalasHapus
  11. yunizar, fahmi:@ok gan thx atas partisipasi nya....gud luck!!!

    BalasHapus
  12. allan:@terimakasih bung allan pertanyaan yg sangat mendasar sekali...bgaimana cara hewan laut bekomunikas dengan suara itu tergantung jenis dari hewannya ada hewan yang tidak bisa mendengar hanya mengandalkan penginderaan penglihatan, dan ad juga yang tidak bisa melihat hanya mengandalkan pendengaran. contohnya ikan"yg bersifat positif..artinya ikan tersebut lebih peka terhadap suara contohnya lumba-lumba. Dia memiliki sifat peka terhadap suara. So semuanya tergantung terhadap jenis hewan nya..ok

    BalasHapus
  13. saya mau menanggapi pertanyaan dari allan. lan coba deh liat di http://nadyanovianti.wordpress.com/2011/03/20/sumber-suara-dari-laut/ semogga dapat sedikit memebantu..

    BalasHapus
  14. ichong:@terimakasih buat irsalina atas tambahan nya...kita sama"belajar...

    BalasHapus
  15. muhammad syafiq gumilang - 230210090007

    apa hubungan kajian perambatan suara di laut dengan operasi kapal selam?

    BalasHapus
  16. jalasena:@telah dijelaskan bahwa kapal selam berjalan di daerah shadow zone yaitu daerah yang tidak dapat dilalui oleh sinar gelombang suara. terdapat di mixed layer maka sebagian dari sinar gelombang suara akan dibelokkan ke arah permukaan karena adanya pertambahan kecepatan suara di mixed layer dan sebagian dibelokkan kearah bawah karena kecepatan suara berkurang di lapisan termoklin. Biasanya daerah shadow zone ini digunkan untuk persembunyian kapal selam agar tidak terdeteksi suara. hubungan perambatan suara iy itu tadi karena ada daerah shodow zone.

    BalasHapus
  17. Nice.. :D
    terus sep saya jadi kepikiran gimana ya distribusi suara di sekitar gunung berapi bawah laut??Berhubungan gag kira-kira dengan suhu??

    BalasHapus
  18. npm 230210090092
    good think...
    suara mempengaruhi ekosistem laut ga?
    ada ikan yang stres ga karena kebisingan, biasanya jenis ikan apa za?
    hehehe

    Thankz
    keep cayoooo!!!!

    BalasHapus
  19. jelitanababan:@ok...suara di sekitar gunung api bawah laut sangat besar sekali karena berada pada tekanan yang tinggi sehingga cepat rambat suara terasa lebih cepat. apa hubungannya dengan suhu?iy,tentu saja sangat berhubungan sekali karena pada daerah sea mount (gunung api) suhu sangat tinggi oleh karena itu suhu semakin tinggi cepat rambat suara semakin cepat pula.

    BalasHapus
  20. Indriati S.K:@pertanyaan yg sederhana tapi butuh pemikiran logika juga heheheehhe
    ok saya akan jawab ....
    1. Betul sekali suara sangat mempengaruhi ekosistem yg ad di laut terutama ikan iy...kebisingan di laut biasanya dikarenakan suara mesin kapal yang dapat membuat ikan menjadi stress,baling-baling kapal, suara manusia, pengeboran minyak bawah laut, dan pengujian seismik. Suara berasal dari mana saja jadi banyak faktor akan terjadinya suara.
    2. Untuk jenis ikan yg stress akibat kebisingan biasnya terjadi pada ikan yg masih bayi atau belum dewasa karena bayi-bayi ikan mengandalkan suara menuju sumber makanan mereka. Di daerah tropis mengandalkan "suara alam" atau suara yang dikeluarkan ikan yang lebih dewasa, udang dan bulu babi untuk menemukan terumbu karang. Ketika baru berumur beberapa minggu, bayi ikan harus mencari habitat mereka yang tentunya penuh sumber makanan yakni terumbu karang dll. Kemudian bayi ikan akan mengingat dan mengikuti sumber "suara alam" tadi. "Kalau terjadi kebisingan, bisa saja bayi ikan itu akan stress dan salah arah. Untuk jenis-jenis nya ikan karang, ikan-ikan pelagis dll

    BalasHapus
  21. bagus sekali postingnya sdra asep :D
    saya hanya mau nambahin penjelasan asep ttg pertanyaan syafiq
    jadi kapal selam itu tidak selalu di shadow zone, yang benar itu shadow zone biasanya digunakan oleh kapal selam untuk bersembunyi (spying) dan itu tidak selamanya berada di shadow zone karena shadow zone itu ga selalu di titik itu. tapi dinamis bisa berpindah-pindah. itu ada perhitungannya.
    thx

    BalasHapus
  22. Jaya Kelvin:@terimakasih untuk sudara kelvin temen sekelompok....benar sekali tambahannya bahwa pergerakan kapal selam itu dinamis berpindah-pindah jadi tidak selalu berada pada daerah shadow zone.terima kasih bung kelvin...

    BalasHapus